Senin, 23 April 2012

Ras Manusia

Posted by Taketo on Senin, April 23, 2012


Ras.
Apakah pengertian dari ras itu? Ras (dari bahasa Prancis race, yang sendirinya dari bahasa Latin radix, "akar") adalah suatu sistem klasifikasi yang digunakan untuk mengkategorikan manusia dalam populasi atau kelompok besar dan berbeda melalui ciri fenotipe, asal-usul geografis, tampang jasmani dan kesukuan yang terwarisi. Di awal abad ke-20 istilah ini sering digunakan dalam arti biologis untuk menunjuk populasi manusia yang beraneka ragam dari segi genetik dengan anggota yang memiliki fenotipe (tampang luar) yang sama.[1] Arti "ras" ini masih digunakan dalam antropologi forensik (dalam menganalisa sisa tulang), penelitian biomedis dan kedokteran berdasarkan asal-usul.
Selain itu, karena di banyak masyarakat, pengelompokan berdasarkan "ras" mengikuti pola pelapisan sosial, bagi ilmuwan sosial yang meneliti kesenjangan sosial, "ras" dapat menjadi variabel yang berarti. Sebagai faktor sosiologis, kategori "ras" dapat secara terbatas mencerminkan penjelasan yang subyektif, mengenai jati diri dan lembaga sosial.
Oleh karena itu, paradigma "ras" yang digunakan dalam berbagai disiplin menekan dengan cara yang beraneka pada sifat biologis atau pada segi konstruk sosial.
Faktor sosio dan ekonomi, berakibatkan penderitaan yang sangat besar di dalam kelompok yang terlantar. Diskriminasi rasial sering bertepatan dengan pola pikir yang rasis , di mana para individu dan ideologi satu kelompok melihat anggota dari kelompok lain sebagai suatu "ras" tertentu yang lebih rendah secara moral.Alhasil, kelompok yang tidak banyak berkuasa sering terasing atau tertindas, sedangkan individu dan lembaga yang dominan dituduh bersikap rasis. Rasism berakibatkan banyak contoh tragedi, termasuk perbudakan dan genosid
Jadi menurut saya, tidaklah begitu penting untuk membanding – bandingkan antara suatu ras dengan ras yang lainnya, karena hal ini akan membuat kita menjadi bersikap rasism. Hal ini  sungguh bukan merupakan hal yang patut dipuji, karena kita semua adalah sama yaitu manusia, yang mempunyai tujuan hidup, mempunya kerabat dan saudara, mempunyai cita – cita, dan menginginkan rasa tenram dan kedamaian menjalani kehidupan didunia ini. Marilah kita bersama – sama menghormati satu sama lain, dengan itu maka pastilah kita akan merasakan kedamaian.

0 komentar:

Posting Komentar

  • Facebook
  • Twitter

Search Site