Perubahan dan perkembangan terjadi pada siapapun dan dimana pun tak
terkecuali organisasi. Kadang banyak orang yang tidak terlalu suka
kepada perubahan tapi apalah kata perubahan terjadi dengan sendirinya
dan tidak dapat dihindari.
1. Faktor – faktor
perubahan Organisasi.
A. Faktor Internal
Faktor yang timbul dari dalam organisasi yang bersangkutan dimana faktor tersebut dapat mempengaruhi segala hal dalam organisasi tersebut. Perubahan ini dapat berasal dari sumber seperti :
- Komunikasi antar anggota kelompok
Hal ini sering terjadi jika didalam organisasi di saat setiap anggota memiliki pendapat masing-masing mengenai suatu masalah.
- Proses kerjasama
Proses kerja sama yang terjadi dalam organisasi kadang merupakan penyebab dilakukannya perubahan. Problem yang timbul dapat menyangkut masalah system kerja sama dan dapat pula menyangkut perlengkapan atau peralatan yang digunakan.
Faktor yang timbul dari dalam organisasi yang bersangkutan dimana faktor tersebut dapat mempengaruhi segala hal dalam organisasi tersebut. Perubahan ini dapat berasal dari sumber seperti :
- Komunikasi antar anggota kelompok
Hal ini sering terjadi jika didalam organisasi di saat setiap anggota memiliki pendapat masing-masing mengenai suatu masalah.
- Proses kerjasama
Proses kerja sama yang terjadi dalam organisasi kadang merupakan penyebab dilakukannya perubahan. Problem yang timbul dapat menyangkut masalah system kerja sama dan dapat pula menyangkut perlengkapan atau peralatan yang digunakan.
B. Faktor Eksternal
Adalah faktor yang dari lingkungan sekitar organisasi yang dapat mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi. Organisasi bersifat responsif terhadap perubahan yang terjadi di lingkungannya. Oleh karna itu organisasi jarang sekali melakukan perubahan tanpa adanya dorongan dari lingkungannya. Faktor yang dapat mempengaruhi organisasi antara lain seperti :
- Politik
- Hukum
- Budaya
- Teknologi
- Sumber alam
- Demografi
- Dan sebagainya
2. Proses perubahan
1. Difusi
Difusi adalah proses penyebaran
unsur-unsur kebudayaan (ide-ide, keyakinan, hasil-hasil kebudayaan, dan
sebagainya) dari individu kepada individu lain, dari satu golongan ke
golongan lain dalam suatu masyarakat atau dari satu masyarakat ke
masyarakat lain. Dari pengertian tersebut dapat dibedakan dua macam
difusi, yaitu difusi intramasyarakat dan difusi antarmasyarakat.
2. Akulturasi
Akulturasi merupakan proses
sosial yang timbul apabila suatu kelompok manusia dengan suatu
kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur-unsur kebudayaan asing
sedemikian rupa sehingga unsur-unsur kebudayaan itu lambat laun diterima
dan diolah ke dalam kebudayaannya, tanpa menghilangkan sifat khas
kepribadian kebudayaan asli.
3. Asimilasi
Asimilasi adalah proses
sosial tingkat lanjut yang timbul apabila terdapat golongan-golongan
manusia yang mempunyai latar belakang kebudayaan yang berbeda-beda,
saling berinteraksi dan bergaul secara langsung dan intensif dalam waktu
yang lama, dan kebudayaan-kebudayaan golongan-golongan tadi
masingmasing berubah sifatnya yang khas menjadi unsur-unsur kebudayaan
yang baru, yang berbeda dengan aslinya.
4. Akomodasi
Akomodasi dapat diartikan
sebagai suatu keadaan yang menunjuk terciptanya keseimbangan dalam
hubungan-hubungan sosial antarindividu dan kelompok-kelompok sehubungan
dengan norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat. Sebagai
suatu proses, akomodasi menunjuk kepada usaha-usaha manusia untuk
meredakan pertentangan-pertentangan atau usaha-usaha untuk mencapai
kestabilan interaksi sosial.
3. Ciri-ciri pengembangan Organisasi
1. Merupakan strategi terencana dalam mewujudkan perubahan
organisasional, yang memiliki sasaran jelas berdasarkan diagnosa yang
tepat dan akurat tentang permasalahan yang dihadapi oleh suatu
organisasi.
2. Merupakan kolaborasi antara berbagai pihak yang akan terkena dampak perubahan yang akan terjadi terhadap suatu organisasi.
3. Menekankan cara-cara baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi dan semua satuan kerja dalam organisasi.
4. Mengandung nilai humanistik dimana pengembangan potensi manusia menjadi bagian terpenting.
5. Menggunakan pendekatan komitmen sehingga selalu memperhitungkan pentingnya interaksi, interaksi dan interdependensi antara organisasi sau dengan organisasi yang lainnya.
2. Merupakan kolaborasi antara berbagai pihak yang akan terkena dampak perubahan yang akan terjadi terhadap suatu organisasi.
3. Menekankan cara-cara baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi dan semua satuan kerja dalam organisasi.
4. Mengandung nilai humanistik dimana pengembangan potensi manusia menjadi bagian terpenting.
5. Menggunakan pendekatan komitmen sehingga selalu memperhitungkan pentingnya interaksi, interaksi dan interdependensi antara organisasi sau dengan organisasi yang lainnya.
6. berbagai satuan kerja sebagai bagian integral di suasana yang utuh.
7. Menggunakan pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi.
7. Menggunakan pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi.
4. Metode pengembangan organisasi
- METODE PENGEMBANGAN STRUKTUR
1. MANAJEMEN BERDASARKAN SASARAN/MANAJEMEN BY OBJECTIVE (MBO)
Membantu menyediakan wewenang lebih besar bagi setiap orang untuk menentukan tujuan pekerjaan mereka
2. SISTEM 4
Merupakan pendekatan yg diterapkan secara luas untuk mengembangkan karakteristik desain organik dalam suatu organisasi
3. TEKNOLOGI DESAIN MAPS(multivariate analysis)
Metode mendesain organisasi berdasarkan hubungan yg dipandang perlu untuk melaksankan tugas individu
- METODE PENGEMBANGAN PERILAKU
1. PROGRAM GERADI MANAJEMEN
Program yang mengkombinasikan pelatihan kepemimpinan dan latihan pengembangan kelompok.
2. PEMBINAAN TIM
Suatu
tehnik manajemen yg mencakupkan sejumlah metode spesifik untuk
membentuk kerja tim yang efektif, baik didalam maupun di antara kelompok
kerja.
3. PERENCANAAN KEHIDUPAN
Suatu
metode pengembangan yg mendorong dan memungkinkan orang orang memainkan
peran aktif dalam memadukan karier dan aktivitas kehidupan mereka
kearah hasil yang memuaskan
4. PELATIHAN KEPEKAAN
Metode yang diterapkan secara luas untuk membantu orang orang mempelajari cara peningkatan ketrampilan antar pribadi mereka.
0 komentar:
Posting Komentar