Jumat, 22 April 2016

Resensi Buku : Novel Kambing Jantan Karya Raditya Dika

Posted by Taketo on Jumat, April 22, 2016

Kali ini saya akan resensi novel non fiksi : Kambing Jantan.
1.     Identitas Buku
a)      Judul : Kambing Jantan
b)      Pengarang : Raditya Dika
c)      Penerbit : PT.Gagas Media
d)     Tahun Terbit : 2005
e)      Jumlah Halaman : 237 halaman
2.      Tinjauan Buku
Penulis Dika (Raditya Dika),  Selepas SMU, yang mempunyai nama panggilan Kambing, harus melanjutkan pendidikan di Adelaide, Australia, mengambil gelar finance yang tidak sesuai minatnya. Maka dimulailah perjalanan hidup Dika mencari jati diri.
Ketika dia menjalani kuliah di Australia, problema timbul dengan Kebo, pacarnya, karena harus menjalani Long Distance Relationship(LDR) yang menyebabkan kehidupan mereka berdua semakin berbeda.
Pertemuannya dengan seorang teman SD, Ine membuka pikirannya bahwa dia bisa saja jadi penulis komedi.
3.      a) Kelemahan
Novel ini tidak terlalu menghibur, karena menurut pendapat saya konten didalamnya terlalu berlebihan dengan bahasa – bahasa yang sepertinya agak dibuat – buat menjadi novel ini seperti tidak alami.
b) Kelebihan
Di tahun boomingnya novel yang dijadikan komik ini, bias dibilang novel pertama yang say abaca berani menggunakan kata dan tata bahasa lebih ke bahasa “gaul” anak muda dan sehari – hari, sehingga tidak terlalu kaku namun tetap memperhatikan EYD. Membaca novel ini jadi tidak begitu membosankan.
4.      Nilai Buku
Nilai dari buku ini jika dilihat dari isinya cukup memuaskan karena setidaknya ini merupakan cerita non fiksi yang dapat diambil pelajaran di kehidupan sehari – hari. Mutu Bukunya cukup Baik, hampir seperti kertas daur ulang, hanya saja lebih tebal dan lebih halus.


0 komentar:

Posting Komentar

  • Facebook
  • Twitter

Search Site